Senin, 09 September 2013

Tips Merawat Lansia

  Merawat lansia memang bukan pekerjaan mudah. Dengan sikap bijak, sesuatu yang sulit ini bisa menjadi lebih muda. Caranya?

1. Tanamkan niat bahwa merawat dan berbuat baik pada lansia adalah ibadah.
2. Bersabar adalah bekal utama, sebab seringkali semakin tua lansia menjadi
 
makin manja dan rewel. Ingatkan selalu dalam diri bahwa itu adalah ibadah dan peluang meraih surga-Nya.
3. Membantu lansia mengatur cara hidupnya dengan baik. Misalnya makan, tidur, istirahat dan bekerja secara seimbang. Karena pada usia lanjut mereka akan mengalami penurunan kondisi fisik, psikologik, maupun sosial.
4. Lansia sering merasa terasing. Ajaklah mereka melakukan aktivitas, selama ia masih sanggup. Ajak mereka beraktivitas positif atau bernilai ibadah semisal pengajian, olah raga, berkebun, dan sebagainya agar tidak bosan, tentu disesuaikan situasi dan kondisinya.
5. Bahagiakan dan senangkan lansia dengan perhatian dan kasih sayang. Untuk itu, sangat diperlukan keterlibatan seluruh anggota keluarga dalam merawat mereka.
6. Tetap perhatikan hak orang tua sebagai pembuat keputusan dan sebagai manusia yang memiliki keinginan, kebutuhan dan opini/ pendapat.
7. Perhatikan makanannya. Konsumsi lemak harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh, perbanyak makan buah dan sayur.
8. Biasakan berbincang dari hati ke hati dengan penyampaian yang baik, sehingga apa yang menjadi beban perasaan lansia terkomunikasikan. Jangan lupa beri tanggapan positif.
 
9. Tempatkan lansia pada kamar khusus yang dilengkapi saluran air atau kamar kecil, sehingga bila sewaktu-waktu mereka buang air kecil/besar akan lebih mudah.
 
10. Bersihkan selalu ruangannya untuk menepis bau yang kurang sedap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar