Senin, 09 September 2013

Mengatasi Perut Bayi Kembung

  Perut Kembung Pada Bayi ini biasanya sering terjadi pada bayi yang masih berusia 2 minggu hingga 1 tahun. Biasanya jika terjadi perut kembung maka bayi akan menangis terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dan tidak mau tenang.

Tapi tidak berarti bayi menangis musti perutnya kembung, karena bisa saja bayi lapar atau haus.Ciri-Ciri Perut Bayi Kembungantara lain adalah :

1.    Bayi menangis tanpa sebab dan tangisan ini akan berhenti jika sakit yang dirasakan tidak terasa lagi atau sembuh.

2.    Bayi akan menarik kakinya ke perut saat menangis atau menegangkan kakinya lurus kebawah. Hal ini dilakukan karena menahan rasa sakit pada perutnya sehingga bayi akan mencari posisi untuk mengurangi rasa sakit perut kembungnya.


Cara Mengatasi Perut Bayi Kembung adalah sebagai berikut :

1.    Gendong bayi dan ayun-ayunkan pelan. Ayunan ini dilakukan agar lambung sikecil akan mengalami semacam gerakan sehingga membuat angin keluar.

2.    Bawa bayi keluar rumah untuk mendapatkan sirkulasi udara yang lebih banyak sambil terus kedua kakinya digerak-gerakkan dengan lembut. Bisa juga dengan mengerak-gerakkan kedua tangannya keatas agar bisa bersendawa. Jangan lupa menyelimuti bayi dengan selimut yang lembut sehingga terasa nyaman.

3.    Pada saat perut bayi kembung, sebaiknya posisi bayi tidak terlentang akan tetapi setengah duduk hingga 45 derajat, usap-usaplah bagian dada sampai keperutnya karena dapat memancing angin untuk keluar.

3.    Sering-seringlah membuat bayi bersendawa setelah selesai minum susu. Berdasarkan pengalaman saya, sehabis kenyang minum susu, kita tepuk-tepuk punggungnya dan itu membuatnya bersendawa.

Jika hal-hal diatas masih belum bisa mengatasi perut kembung bayi, sebaiknya cepat-cepatlah bayi bawa ke dokter atau bidan untuk diperiksakan. Sebagai orang tua kita juga harus cermat, jangan setiap anak menangis diberi susu untuk menenangkannya, karena bisa saja tangisan bayi adalah akibat sakit atau keluhan yang dirasakannya.

Dikutip dari :www.prasko.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar